Tips Diet Dan Olahraga Untuk Atasi Masalah Pencernaan



Tips Diet Dan Olahraga Untuk Atasi Masalah Pencernaan [ www.BlogApaAja.com ]

Masalah pencernaan akan sangat mengganggu kegiatan, khususnya setelahmengonsumsi makanan pedas atau berminyak. Untuk mengatasi perut yang kurangnyaman tersebut, Anda bisa melakukan beberapa olahraga ringan.

Kegiatan

bisa dilakukandengan berjalan kecil sehabis makan, atau latihan pernapasan secara teratur.Selain itu, masih ada beberapa latihan dan tips diet lainnya untuk membantuAnda mengatasi masalah pencernaan, seperti yang dikutip dari Bold Sky.

1. Jalan-jalan Kecil



Setelah Anda makan banyak, disarankan untuk berjalan-jalan kecilketimbang hanya duduk atau tidur. Selain bermanfaat untuk meningkatkan sistempencernaan, berjalan santai juga membantu perut lebih mudah mencerna makanandan mencegah tubuh menyimpan lemak.

2. Latihan Ringan



Cobalah melakukan latihan ringan dengan cara tidur terlentang,kemudian luruskan tangan Anda di kedua sisi sambil bernapas secara teratur.Tekuk lutut ke dada dan stabilkan bagian atas tubuh. Pastikan tubuh bagian ataslurus saat Anda menekuk lutut. Lalu putar perlahan tulang punggung bagian bawahdan pinggang ke sisi kiri. Tahan selama 10-15 detik dan kemudian beralih kesisi kanan. Lakukan latihan ringan ini selama 5-6 menit setiap harinya.

3. Latihan Pernapasan



Pernapasan

adalah salahsatu latihan yang paling umum untuk memperbaiki pencernaan. Duduk lurus dikursi dengan posisi punggung tegak dan kaki lurus ke bawah. Tarik napasdalam-dalam (hitung sampai 5) dan tahan selama 2-3 detik. Buang napassepenuhnya (hitung sampai 6). Latihan pernapasan ini tidak hanya meningkatkansistem pencernaan tapi juga membuat relaks pikiran Anda.

4. Posisi Duduk Tegak



Duduklah di lantai dengan posisi punggung tegak dan kaki lurus. Sekarangtekuk perlahan kaki kiri Anda dan letakkan kaki ke arah lutut kanan. Putartubuh bagian atas (tulang belakang) pada sisi kiri. Tarik nafas dalam-dalam.Tahan posisi dan mulai menghitung sampai 10. Santaikan tubuh Anda dan ulangigerakan yang sama dengan kaki kanan.

5. Yoga



Yoga adalah salah satu latihan yang paling efektif untuk menanganimasalah pencernaan. Cobalah gerakan dasar yoga untuk memiliki sistem pencernaanyang lebih sehat.

6. Hindari Minuman Dingin



Fungsi saluran pencernaan lebih baik pada suhu tubuh yang normal.Konsumsi minuman dingin akan memperlambat proses pencernaan. Jadi, hindarilahkonsumsi makanan atau minuman dingin untuk membantu Anda memperbaiki sistempencernaan dan mendapatkan berat badan ideal.

7. Makanan ringan



Konsumsi makanan berat akan memperlambat proses pencernaan. Untukitu, kurangi porsi makanan berat Anda mulai sekarang dan ganti dengan makananyang banyak mengandung serat seperti sayur dan buah. Ketika Anda mengonsumsimakanan berat seperti nasi porsi besar lengkap dengan lauknya terlalu sering,Anda tidak hanya memperlambat proses pencernaan, tetapi juga menambahkan beratekstra.


Follow On Twitter