Bakteri Di Dasar Laut Memiliki Dna Yang Berbeda



Bakteri Di Dasar Laut Memiliki Dna Yang Berbeda [ www.BlogApaAja.com ]

Ini sudah dikenal sejak 1990-an bahwa mikroba dapat hidup terperangkap dalam sedimen laut selama jutaan tahun, tetapi sampai sekarang itu menjadi misteri bagaimana organisme mencari makan.

Untuk mengetahuinya, para ilmuwan kumpulkan lumpur yang ada bakterinya dari 11 tempat, masing-masing ber dari puluhan meter di bawah dasar laut Pasifik Utara.

Pilin "ternyata hanya berputar-putar seperti panci tertutup besar, tanpa bertukar banyak air dengan sisa laut," kata pemimpin penelitian Hans Roy, geomicrobiologist di Universitas Aarhus di Denmark.

Probing lumpur dengan sensor oksigen, tim Roy menemukan bahwa dalam sedimen-bakteri yang mengkonsumsi oksigen pada tingkat yang sangat lamban. Apa lagi, tim menemukan mikroba yang hidup dari pasokan yang sama dari karbon organik yang terjebak bersama mereka.

"Mereka meninggalkan permukaan bumi ketika dinosaurus berjalan planet-dan mereka masih makan kotak makan siang yang sama yang mereka dapatkan saat itu," kata Roy.

Dan mereka tidak sendirian: mikroba tersebut dapat menjadi organisme yang paling umum di planet ini, naik sekitar 90 persen bersel tunggal kehidupan bumi, hasil dari penelitian terbaru.

Para ilmuwan tidak tahu banyak tentang bakteri dasar laut bahkan mereka belum bisa menyebutkan namanya, karena DNA mereka tidak sesuai dengan spesies bakteri yang dikenal, kata Roy.

Ini seperti memiliki satu set sidik jari membentuk TKP tapi tidak ada orang lain untuk membandingkannya, katanya. Pada tingkat genetik, bakteri dalam "tidak terlihat seperti orang yang kita kenal, sehingga membatasi kegunaan kerja DNA."

Hal-hal rumit Selanjutnya, di laboratorium "kami tidak dapat mengolah sebagian besar organisme" yang ditemukan jauh di bawah dasar laut, kata ahli mikrobiologi laut Danny Ionescu, yang tidak terlibat dalam penelitian.

"Sangat sering kita mencoba untuk meloloh mereka, mereka terbiasa dengan kondisi yang kekurangan," kata Ionescu, dari Max Planck Institute di Jerman

Karena organisme begitu miskin, maka kemampuan untuk mereproduksi sangat lambat, tidak seperti jenis bakteri lainnya, banyak yang kalikan dengan jutaan dalam beberapa hari.

Kehidupan di Slow Motion

Untungnya, tidak sulit untuk mengetahui rentang kehidupan Utara pilin bakteri Pasifik. "Alam membuat percobaan bagi kami," kata Roy.

Sebagai permulaan, mudah untuk menentukan usia lapisan lumpur di bawah Pasifik Utara pilin, karena ada sedimen menumpuk sangat lambat, tentang setiap milimeter ribu tahun.

Tim menggunakan sensor oksigen mereka untuk menentukan berapa banyak oksigen yang "hilang" dari berbagai lapisan sedimen karena bakteri menggunakan gas.

"Ini adalah perhitungan sederhana mengukur oksigen masuk, dibandingkan dengan yang keluar."

Dari data itu, para ilmuwan menentukan bahwa setiap bakteri mereproduksi sekali setiap beberapa ratus tahun dan ada yang sekali setiap beberapa ribu tahun. Ini tidak memecahkan rekor banyaknya organisme, seperti bunga karang, dapat hidup lebih lama. []

Follow On Twitter