Ternyata Sukhoi Yang Jatuh Di Gunung Salak Adalah Pesawat Pengganti



Ternyata Sukhoi Yang Jatuh Di Gunung Salak Adalah Pesawat Pengganti [ www.BlogApaAja.com ]

- Satu lagi hal terkait kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet-100 terkuak. Seperti dimuat MSN Malaysia, Senin 14 Mei 2012, pesawat yang digunakan untuk "joy flight" di Indonesia tak sama dengan yang dipakai demo terbang di Kazakhztan dan Pakistan.

Adalah media Rusia, Moskovskiy Komsomolets dan Kommersant yang memberitakan bahwa pesawat diganti di tengah tur enam negara Asia.

Saat dikonfirmasi, juru bicara Sukhoi Civil Aircraft, Olga Kayukova membenarkan hal tersebut. Dia mengakui, pesawat pertama dipulangkan ke Moskow, Rusia setelah demo terbang di Kazakhstan, tanpa menyebut alasan persisnya.

Namun, ia menekankan, bahwa pesawat kedua "dalam kondisi teknis yang sempurna sebelum diterbangkan."

Gambar dua pesawat yang berbeda ditampilkan oleh blogger yang ikut serta dalam tur tersebut. Seperti diberitakan Moskovskiy Komsomolets, pesawat yang menjalani demo terbang di Kazakhstan dan Pakistan bernomor 97005, sementara model yang diterbangkan di Indonesia bernomor 97004, hanya beda satu dijit.

"Kenapa pesawat itu diganti, saya tak bisa mengatakannya," kata yang dikutip koran tersebut. "Namun jika pesawat pertama tak diizinkan meneruskan demo terbang pasti ada alasannya."

Sebelum informasi ini terkuak, asumsi yang beredar di masyarakat, pesawat yang menabrak tebing Gunung Salak adalah burung besi yang sama dengan yang dipamerkan di negara-negara sebelumnya.

Kecelakaan yang terjadi Rabu 9 Mei 2012 tak hanya mengakibatkan 45 orang di dalamnya dikhawatirkan menjadi korban. Tapi juga pukulan telah pada industri penerbangan sipil Rusia, yang mencoba bangkit paska runtuhnya Uni Soviet.

Sukhoi Superjet-100 adalah pesawat sipil pertama yang dihasilkan. Namun, hingga kini belum diketahui apa penyebab pasti dari kecelakaan maut itu. Kotak hitam belum lagi di tangan para penyidik kecelakaan udara.


Follow On Twitter