13 Kebiasaan Sehari-hari Yang Bisa Sebabkan Jerawat [part.1]



13 Kebiasaan Sehari-hari Yang Bisa Sebabkan Jerawat [part.1] [ www.BlogApaAja.com ]

Saat berjewarat mungkin biasanya Andamenyalahkan hormon atau makanan. Padahal kebiasaan yang tidak Anda sadarisehari-hari juga dapat menjadi penyebab rutin jerawat mampir di wajah.



"Orang yang mudah berjerawat dilahirkandengan sel kulit empat sampai lima kali lebih banyak dari rata-rata orang,sehingga menghasilkan minyak lebih banyak dari rata-rata orang juga,"jelas Annet King, direktur International Dermal Institute yang kliniknyatersebar di berbagai belahan dunia itu seperti dikutip Total Beauty.

Jadi, apa saja kebiasaan membuat wajah jadimudah dihiasi jerawat? Ini dia daftarnya:

1. Penggunaan Make-up yang Tidak Tepat

Berikut ini bahan-bahan yang terkandung dalammake up yang harus Anda waspadai dalam penggunaannya:

- Pewarna buatan: jika terdapat FD & Cdalam daftar bahan make up, berarti produk tersebut mengandung warna buatan.Bahan ini dapat mengiritasi kulit dan jika terdapat dalam lipstik atau blushon, dapat menyebabkan jerawat di sekitar mulut dan pipi Anda.

- Lanolin: ini merupakan istilah ilmiah darisebum domba (sebum = minyak). Meskipun bahan ini baik bagi Anda yang berkulitkering, namun buruk bagi kulit yang rawan berjerawat.

- Minyak Mineral: Bahan ini menutupi sel kulitmati dan bakteri penyebab utama jerawat dan juga dapat menimbulkan milia,tonjolan putih kecil pada kulit Anda.

- Minyak: bahan ini menggunakan minyak asli.Anda tidak harus benar-benar menambahkan lebih banyak minyak pada wajah Anda.

- Isopropil Miristrat: bahan ini tidak hanyadapat membuat kulit Anda kering, tapi juga menyumbat pori-pori dan menyebabkaniritasi kulit.

- Pewangi buatan: ini juga dapat mengiritasikulit dan menybabkan jerawat. Cobalah untuk tidak menggunakan produk make upyang mengandung wewangian.

2. Mengeringkan Wajah Secara Berlebihan

Menghapus kelebihan minyak secara berlebihandapat membuat kulit iritasi. Dengan dikeringkan secara berlebihan, kulit justruakan memproduksi minyak lebih banyak. Hal itu karena kulit secara alami mencobamemperbaiki dan menyeimbangkan kondisi yang ada dengan memproduksi lebih banyakminyak.

Jaga agar kulit Anda tetap terhidrasi denganmenggunakan pembersih wajah yang dibuat khusus untuk kulit mudah berjerawat,kemudian gunakan pelembab agar kulit tidak menambahkan produksi minyak. Andajuga dapat menggunakan mattifying moisturizer pada daerah yang mengkilap disiang hari untuk menyerap minyak tanpa menyebabkan pengeringan kulitberlebihan.

3. Tekanan

Jerawat disebabkan oleh tekanan fisik padawajah Anda, seperti pemakaian ponsel terus-menerus, biola, atau hanyamenumpukan tangan pada wajah saat menghindari silau. Tekanan ini mengeksposkulit Anda terhadap bakteri. Solusinya: berhenti menekankan objek pada wajahAnda. Jika Anda tidak dapat menghindarinya, rajin-rajinlah membersihkan wajahuntuk meminimalkan bakteri.

4. Stres

Stres juga dapat menjadi penyebab kulit Andaberjerawat. Anda dapat mencoba untuk menjadi lebih rileks untuk meminimalisirkemungkinan munculnya jerawat.

5. Malas Mengganti Pakaian & PerlengkapanTidur

Pakaian, handuk, sarung bantal, dan sepraiyang tidak bersih, mengandung banyak sel kulit mati dan bakteri. Ganti secararutin sarung bantal dan seprai Anda sekali atau dua kali seminggu dan gunakanhanduk bersih setiap hari. Menggunakan deterjen dan pelembut yang mengandunglemak hewan dan pewangi juga dapat menyebabkan iritasi dan jerawat.

6. Produk rambut yang Anda Gunakan

Produk rambut yang mengandung minyak, silikon,dan plasticizer akan menyumbat pori-pori jika rambut sering menyentuh kulitAnda. Jika Anda ingin memiliki potongan rambut berponi, sebaiknya Anda tidakmenggunakan produk dengan bahan-bahan tersebut.


Follow On Twitter