10 Kanker Paling Mematikan Di Dunia



10 Kanker Paling Mematikan Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Ada lebih dari 100 jenis kanker beserta berbagai macam penyebabnya,mulai dari radiasi, bahan kimia, hingga virus. Tapi kesamaannya, kankerditandai dengan pertumbuhan sel yang abnormal. Kanker apa saja yang palingmematikan dan kenapa sulit disembuhkan?

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) kanker adalahpenyebab kematian nomor dua di Amerika setelah penyakit jantung. Bahkan ketikatelah didiagnosis sejak dini dan ditanggulangi dengan perawatan mutakhir,kanker masih memiliki kekuatan untuk membunuh.

Memang telah ada banyak perawatan yang berhasil saat ini dan tidakdijumpai beberapa puluh tahun yang lalu. Namun pengobatan kanker masih tetapsulit dipahami karena banyak faktor.

Pertumbuhan sel kanker tetap tak terduga dan masih misterius dalambeberapa kasus. Bahkan, setelah melalui pengobatan yang tampaknya efektif,sel-sel kanker mampu bersembunyi pada beberapa pasien dan muncul kembali.

Sekitar US$ 200 miliar (sekitar Rp 1.800 triliun) telah dihabiskan dalampenelitian kanker sejak awal tahun 1970-an. Kelangsungan hidup bagi semuapasien kanker di AS juga telah meningkat dari sekitar 50% pada 1970-an hinggamencapai 65 % pada saat ini.

"Kami tidak akan bisa mencapai kemajuan seperti sekarang ini jikailmu kesehatan tidak didanai. Dasar dari ilmu pengetahuan mengajarkan kamitentang mekanisme dan efektivitas obat-obatan. Kami mengambil informasi itu danmenerapkannya ke dalam klinik untuk mengetahui apakah cara-cara baru ituberhasil dalam mengobati kanker," kata Dr Len Lichtenfeld, wakil kepalamedis dariAmerican Cancer Society seperti dilansir myhealthnewsdaily.com.

Berikut adalah 10 jenis kanker yang paling banyak merenggut nyawa padatahun 2003 hingga 2007 menurut National Cancer Institute (NCI):

1. Kanker paru-paru dan bronkial



Kanker paru-paru dan bronkial adalah kanker pembunuh nomor satu diAmerika Serikat. Merokok dan memakai produk tembakau adalah penyebab utamanya.Kanker ini paling banyak menyerang orang berusia 55-65 tahun.

Ada dua jenis utama kanker ini: kanker sel paru besar yang paling banyakditemui, dan kanker sel paru kecil yang menyebar lebih cepat. Lebih dari157.000 orang diperkirakan meninggal karena kanker paru-paru dan bronkial padatahun 2010.

2. Kanker usus besar dan rektum



Kanker usus besar tumbuh di jaringan usus besar, sedangkan kanker rektumtumbuh di beberapa sentimeter di usus besar dekat anus. Kebanyakan kasusdiawali dengan gumpalan kecil sel jinak atau polip dan dari waktu ke waktutumbuh menjadi kanker.

Pemeriksaan sangat dianjurkan untuk menemukan polip sebelum berubahmenjadi kanker. Kanker kolorektal diperkirakan membunuh lebih dari 51.000 orangpada tahun 2010.

3. Kanker payudara



Kanker payudara adalah kanker yang terpopuler nomor dua di AmerikaSerikat setelah kanker kulit. Kanker ini juga dapat menyerang pria. Terdapathampir 2.000 kasus kanker payudara pada pria antara tahun 2003 hingga 2008.

Sel kanker biasanya terbentuk di dalam saluran yang mengalirkan susu keputing susu atau kelenjar yang memproduksi susu. Hampir 40.000 orangdiperkirakan meninggal akibat kanker payudara pada tahun 2010.

4. Kanker pankreas



Kanker pankreas muncul di jaringan pankreas yang membantu pencernaan danmengatur metabolisme. Deteksi dan penanganan sejak dini sulit dilakukan karenaseringkali bersifat diam-diam dan cepat menyebar. Kanker pankreas diperkirakanmerenggut 37.000 jiwa pada tahun 2010.

5. Kanker prostat



Kanker ini merupakan penyebab utama kematian karena kanker nomor duapada pria setelah kanker paru-paru dan bronkial. Kanker prostat biasanya mulaitumbuh perlahan-lahan di kelenjar prostat, kelenjar yang menghasilkan cairanmani untuk mengangkut sperma.

Beberapa jenis kanker ini masih terbatas pada kelenjar prostat, danlebih mudah diobati. Tetapi jenis lainnya lebih agresif dan menyebar lebihcepat. Kanker prostat diperkirakan membunuh sekitar 32.000 orang pada tahun2010.

6. Leukemia



Ada banyak jenis leukemia atau kanker darah dan semuanya menyerangjaringan tubuh yang membentuk darah seperti sumsum tulang dan sistem limfatik.Kanker darah mengakibatkan kelebihan produksi sel darah putih yang abnormal.

Jenis leukemia diklasifikasikan berdasarkan seberapa cepat penyebarannyadan sel-sel apa saja yang dipengaruhi. Jenis leukemia akut myelogenous adalahyang paling ganas dan membunuh 41.714 orang pada tahun 2003 hingga 2007. Hampir22.000 orang diperkirakan akan meninggal karena leukemia pada tahun 2010.

7. Limfoma non-Hodgkin



Kanker ini menyerang limfosit, sejenis sel darah putih dan ditandai olehkelenjar getah bening yang membengkak, demam dan mengalami penurunan beratbadan.

Ada beberapa jenis limfoma non-Hodgkin dan dikategorikan berdasarkecepatan tumbuhnya dan jenis limfosit yang terkena. Limfoma non-Hodgkin lebihmematikan daripada limfoma Hodgkin dan diperkirakan telah membunuh lebih dari20.000 orang pada tahun 2010.

8. Kanker hati dan saluran empedu intrahepatik



Kanker hati adalah salah satu bentuk kanker yang paling umum di seluruhdunia, tetapi jarang ditemui di Amerika Serikat.

Kanker ini erat kaitannya dengan kanker saluran empedu intrahepatik yangmenyerang saluran yang membawa empedu dari hati ke usus kecil. Hampir 19.000orang Amerika diperkirakan mati karena kaner hati dan saluran empeduintrahepatik pada tahun 2010.

9. Kanker ovarium



Kanker ovarium adalah penyebab kematian akibat kanker nomor empat padawanita antara tahun 2003 hingga 2007. Usia rata-rata perempuan yang didiagnosismengidap kanker ini adalah 63 tahun. Kanker ini lebih mudah diobati tapi lebihsulit dideteksi pada tahap awal.

Gejala-gejalanya meliputi ketidaknyamanan perut, desakan untuk buang airkecil dan nyeri panggul. Hampir 14.000 perempuan diperkirakan mati akibatkanker ovarium pada tahun 2010.

10. Kanker esophageal



Kanker ini dimulai dalam sel-sel yang melapisi esofagus, yaitu tabungyang membawa makanan dari tenggorokan ke perut, dan biasanya terjadi di bagianbawah kerongkongan.

Pria lebih mungkin meninggal daripada perempuan karena kanker esophagusantara tahun 2003 hingga 2007. Kanker ini diperkirakan membunuh 14.500 orangpada tahun 2010.


Follow On Twitter